Translate

Rabu, 03 Desember 2014

TRI KAYA PARISUDHA

TRI KAYA PARISUDHA


Pengertian Tri Kaya Parisudha

Tri artinya “TIGA”, kaya artinya Karya atau perbuatan sedangkan parisudha artinya penyucian.
Jadi tri kaya parisudha berarti tiga perbuatan atau prilaku yang harus di sucikan. Yang dimana TRI KAYA PARISUDHA ini sangat berpengaruh di dalam kita menjalani hidup sebagai umat manusia.
Adapun bagian - bagian dari trikaya parisudha aadalah sebagai berikut:

1.       MANACIKA
2.       WACIKA
3.       Kayika

Adapun jabaran/arti  dari bagian tri kaya parisudha yaitu:

-          Manacika
Yang berarti berpikir suci atau berpikir yang benar. Karena pikiran yang mengundang sifat dan seluruh organ tubuh untuk melakukan sesuatu. Maka ada baiknya jika pikiran kita selalu bersih dan tselalu berpikir positif

-          Wacika
Yang berarti berkata yang benar. maka baiknyalah kita di dalam kehidupan sehari – hari sebaiknya berkata yang benar ,tidak menyingguang ataupun menghina dan mencaci orang lain.

-          Kayika
Yang berarti perbuatan atau prilaku suci atau berprilaku yang benar, dimana perbuatan kita dalam kehidupan sehari-hari sangat berpengaruh di dalam diri manusia. Maka sebaiknyalah kita berprilaku yang baik demi terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama manusia.


Dari ketiga unsure tri kaya parisudha ini saling memiliki keterikatan yaitu dmana jika kita sebagai umat manusia sudah berfikir yang benar/suci maka terciptalah perkataan yang suci pula dan bila perkataan sudah benar maka perbuatan kitapun pasti akan benar pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar