Translate

Rabu, 03 Desember 2014

SAD RIPU (Enam Musuh Dalam Diri Manusia)

Pengertian SAD RIPU


 SAD RIPU berasal dari kata SAD yang berarti enam dan RIPU yang berarti musuh.
Jadi Sad Ripu berarti enam musuh yang berada dalam diri manusia.
Bagian – bagian sad ripu meliputi :

1. kama : nafsu, keinginan
2. lobha : tamak, rakus
3. krodha : kemarahan
4. moha : kebingungan
5. mada : mabuk
6. matsarya : dengki, iri hati

Enam musuh ini memberikan pengaruh yang berbeda – beda, bila kita tidak dapat mengendalikanya maka akan jatuh ke dalam kesengsaraan. Oleh karena itu hendaknya kendalikanlah enam musuh yang ada dalam diri masing – masing.

Bagian - Bagian SAD RIPU :

1. kama : nafsu, keinginan
kama (nafsu,keinginan), Semua manusia memiliki nafsu atau keinginan. namun yang di maksud disini adalan keninginan atau hawa nafsu yang mengarah ke unsur negative. Dimana sebaiknya jika boleh meminta sebaiknyalah kita mempunyai nafsu dan keinginan berdasarkan unsure positif seperti bernafsu atau berkeinginan menjadi seorang doctor,pengusaha,polisi,presiden dsb. Namun pula disertai usaha di dalamnya dan berlandaskan ajaran dharma. Dan selanjutnya jika sudah memiliki keinginan yang bersifat positif maka yang harus di pertimbangkan adalah  ↓
2. Lobha : tamak, rakus
                Lobha  berarti tamak dan rakus. Tidak pernah puas dengan apa yang telah di anugrahkan hyang whidi kepada kita, selalu merasa kurang di dalam hidupnya.
 namun sebaliknya lobha dipakai dalam hal yang positif seperti LOBHA dengan ilmu pengetahuan dan dalam hal MEPUNIA/beramal.

3. Krodha : kemarahan
                Kroda yang berarti kemarahan sebaiknya perlu kita kendalikan dalam diri kita. Karena sering kali kemarahan akan mengakibatkan kerugian pada diri kita dan orang lain. bahkan bisa menimbulakan perkelahian. Sebaiknya amarah Kroda ini kita kendalikan di dalam diri kita.

4. Moha : kebingungan
                Yang dimaksud dalam kebingungan disini adalah. Kebingungan dalam berfikir yang mengakibatkan pikiran kita menjadi gelap sehinga tidak dapat berpikir jernih. Pada akhirnya hal hal yang menyimpang bisa kita lakukan.
5. Mada : mabuk
                Mada yang berarti mabuk ini sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari hari akibatnya pikiran cepat kilat dan mengarah ke tindakan negative sering di jumpai pada orang yang mabuk. Sebaiknya hindari hal yang seperti ini.
6. Matsarya : dengki, iri hati
 
                Matsarya yang berrarti iri hati dan dengki sebaiknyalah patut kita hindari. Karena iri hati dan dengki membuat orang akan tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya dan iri terhadap orang lain yang mempunyai sesuatu yang lebih daripada kita, akibatnya menimbulkan rasa ingin memusuhi, berniat jahat, bertengkar, sehingga merugikan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar