Translate

Selasa, 27 September 2016

Catur Warna dan asalnya menurut Kitab Slokantara

      Pada sloka 61(78) dijelaskan dijaman dahulu dikatakan bahwa keempat golongan kasta itu lahir dari badan Brahmana. Mereka itu dinamai Catur warna didunia ini. Diantaranya;  

(1) Wipra artinya seorang Brahmana, ia dikatakan lahir dari kepala Bhatara Brahma/Tuhan Yang Maha Pencipta Semesta Alam. Kewajibannya sembahyang, mengadakan upacara-upacara korban, menguncarkan mantra,duduk beryoga Samadhi mempelajari kitab-kitab suci weda.

(2) Ksatriya artinya raja. Ia dikatakan lahir dari lengan Bhatara Brahma. Kewajibannya ialah harus mengetahui peraturan dan teknik peperangan, kaya, perwira dalam segala lapangan.memberikan dana, melindungi seluruh dunia/rakyat, menjadi pahlawan dalam bidang perang.

(3) Waisya adalah golongan orang petani. Ia dikatakan lahir dari paha Bhatara Brahma. Kewajibannya ialah melindungi ternak, memelihara dan menyuburkan tanah lading atau sawah yang kering.

(4) Sudra kewajibannya berdagang.

     Dan dalam sloka 67(30) ditegaskan mengenai orang yang melalaikan kewajiban dan hidup dengan menjalankan kewajiban orang lain, ia juga tergolong golongan sudra. Ia dikatakan lahir dari kaki Bhatara Brahma. Pada slokantara ini catur warna itu dilihat dari pembagiaan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar